Prakarya dan Kewirausahaan | ekonomiakuntansiid



A. Latar Belakang
Kurikulum di Indonesia dalam sejarahnya sudah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari kurikulum tahun 1976, kurikulum 1994 yang berupa KBK, kurikulum 2006 KTSP, dan sekarang Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum ini tentunya disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan dalam kehidupan masyarakat ilmu Ipengetahuan, sains, teknologi, sosial, seni, keterampilan/prakarya, dan bidang lainnya, serta kebijakan pemerintah dalam pendidikan nasional. Perubahan perkembangan dan tututan kebutuhan ini perlu diantisipasi kedalam kurikulum pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah evaluasi dan penyempurnaan agar tetap sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Para pengembang kurikulum menyesuaikan kebijakan Pemerintah terhadap perkembangan tersebut Pada Tahun 2006, Pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi (SI), Permendiknas No. 23 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Permendiknas No. 24 yang mengatur pelaksanaan Permendiknas mengenai SI dan SKL tersebut. Implementasi Standar Isi mata pelajaran kewirausahaan telah memasuki tahun keenam dan telah mendapat banyak masukan dari masyarakat, baik dari para guru, pakar Keterampilan, akademisi di perguruan tinggi, dan masyarakat umum, termasuk orang tua peserta didik yang menganggap bahwa kurikulum mata pelajaran Kewirausahaan terlalu sulit untuk dipahami Mata pelajaran Kewirausahaan dipandang sebagai mata pelajaran pilihan yang kurang menarik, bahkan dianggap tidak penting dan dirasakan kurang bermanfaat bagi perkembangan akademik. Pemahaman terhadap isi, makna, dan tujuan pelajaran Kewirausahaan belum dipahami secara mendalam. Prinsip pembelajaran pun belum
memberi manfaat bagi perkembangan kejiwaan peserta didik. Pelajaran Kewirausahaan ini bukan merupakan pelajaran yang di UN-kan sehingga peserta didik beranggapan pelajaran ini tidak begitu penting. Padahal Kewirausahaan ini merupakan pelajaran yang penting karena peserta didik dapat mengeksplorasi dirinya menjadi manusia-manusia Indonesia yang kreatif, inovatif dan mandiri. 2 Buku Guru Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Pada Struktur Kurikulum 2013 ini, mata pelajaran Kewirausahaan berubah nama menjadi Prakarya dan Kewirausahaan. Pada prinsipnya, konten Prakarya dan Kewirausahaan sama dengan mata pelajaran Kewirausahaan yang terdapat pada kurikulum sebelumnya. Hanya disini ada penambahan Prakarya dengan memanfaatkan teknologi, kearifan lokal yang dapat mengangkat budaya bangsa. Tujuan dari penambahan prakarya adalah untuk memberi sumbangan pengembangan kreativitas sebagai sumber dari ‘industri kreatif’ yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan ‘karakter bangsa.Pembelajaran Prakarya khas daerah akan memberi apresiasi tentang multikultural yaitu mengenal budaya suku bangsa Indonesia. Pembelajaran prakarya khas daerah setempat disertai pemahaman terhadap latar belakang penciptaan (budaya dan teknologi tepat guna)
akan memberi makna pengembangan pendidikan multikultural. Oleh karenanya, mata pelajaran Prakarya digabungkan dengan kewirausahaan masuk dalam konstelasi ‘kurikulum pendidikan Indonesia’ yang secara umum diharapkan memberi sumbangan kepada pembentukan karakter yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Guru dan pengelola sekolah sebagai fasilitator dalam dunia
pendidikan, berperan untuk membentuk karakter bangsa sekaligus berperan sebagai the agent change. Dalam konteks ini, guru harus segera melakukan tranformasi yang cepat dalam budaya mengajar (teaching) kepada pembelajaran (learning) yang diperkuat denganlatihan (training) tentang konsep dan prinsip pendidikan keterampilansebagai life skill. Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang dilakukan
oleh guru mengedepankan pendekatan belajar aktif pemecahan masalah problem based learning (PBL), yaitu mengenal permasalahan psikologi (kejiwaan), kemampuan keterampilan (motorik kasar maupun
motorik halus) sebagai dasar pengembangan soft skill peserta didik. Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada kurikulum 2013, sebaiknya disusun berdasarkan pada perkembangan IPTEKS, dan
budaya lokal. Budaya lokal ini dapat menjadi sistem nilai kerja pada masing-masing daerah sebagai potensi lokal yang dapat mengangkat derajat bangsa. Dalam konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan berbasis budaya diselenggarakan pada tingkat awal dalam pendidikan formal. Konten pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan dari kearifan lokal berupa pendidikan: (1) tata nilai dan sumber etika dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber
pendidikan karakter bangsa, (2) teknologi tepat guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikanketerampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal sebanyak16 butir yaitu a). upacara adat, b).cagar budaya, c). pariwisata-alam, d.) Prakarya dan Kewirausahaan 3 transportasi tradisional, e).permainan tradisional, f). prasarana budaya,g). pakaian adat, h). warisan budaya, i). museum, j). lembaga budaya, k). kesenian, l). desa budaya, m). kesenian dan kerajinan, n). cerita rakyat, o). dolanan anak, dan p). wayang). Dasar pembelajaran berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai kearifan lokal dan nilai ‘jati diri’ sehingga tumbuh semangat kemandirian, kewirausahaan, dan sekaligus kesediaan melestarikan potensi serta nilai-nilai kearifan lokal sebagai peluang usaha yang potensial dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini didasari oleh kondisi nyata bahwa pengaruh kuat budaya luar yang negatif masih perlu mendapat perhatian atas pengaruhnya pada budaya peserta didik.
B. Tujuan dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran
Prakarya dan Kewirausahaan
1. Tujuan
a. Dilaksanakan sebagai pendidikan formal namun mengharapkan tujuan akhir mempunyai keterampilan ekonomis.
b. Menghasilkan kualitas manusia yang mempunyai wawasan penciptaanberbasis pasar.
c. Memfaslitasi peserta didik mampu berekspresi kreatif melaluiketerampilan teknik berkarya ergonomis, teknologi dan ekonomis
d. Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, artistik, ekosistem, dan teknologis.
e. Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, higenis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.
f. Menghasilkan karya jadi atau apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan maupun bersifat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal.
g. Menumbuhkan jiwa wirausaha melalui melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi), mengemas, dan usaha menjual berdasarkan prinsip ekonomis, ekosistemik, dan ergonomis. 4 Buku Guru Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK
2. Ruang lingkup
         Lingkup materi pelajaran Prakarya dan kewirausahaan di SMA/MA, SMK/MAK disesuaikan dengan potensi sekolah, dan daerah setempat karena sifat mata pelajaran ini menyesuaikan dengan kondisi dan potensi yang ada di daerah tersebut.
         Penyesuaian ini berangkat dari pemikiran ekonomis, budaya dan sosiologis. Ekonomis, karena pada tingkat usia remaja sudah harus dibekali dengan prinsip kewirausahaan agar tidak tertinggal konsep kemandirian pasca sekolah. Budaya, karena prakarya sebenarnya adalah pengembangan materi kearifan lokal yang telah dapat diidentifikasi dalam sejarah arkeologis mampu mengangkat nama Indonesia ke dunia internasional. Sosiologis, karena teknologi tradisi ternyata mempunyai nilai-nilai kecerdasan kolektif bangsa Indonesia.
       Oleh karenanya, Prakarya dan Kewirausahaan bisa merupakan pilihan alternatif, dengan minimal 2 aspek (stand) atau bahan ajar yang disediakan. Namun demikian sedapat mungkin dilaksanakan berdasarkan kebutuhan utama daerah tersebut agar membekali secara keteknikan maupun wawasan ide yang berasal dari teknologi kearifan lokal. Namun, jika satuan pendidikan berkeinginan untuk menerapkan 4 (empat) aspek (strand) diperkenankan selama satuan pendidikan mampu menyediakan jam tambahan.
        Dasar teknologi dan estetika lokal ini mempnyai nilai etnik dan nilai keterjualan, oleh karenanya dikembangkan berdasarkan sistem teknologi terbarukan sehingga memperoleh efektivitas dan efisiensi. Secara substansi bidang prakarya dan kewirausahaan mengandung kinerja kerajinan dan teknologi yang dapat dijadikan sebagai peluang dalam kewirausahaan. Oleh karenanya, pengembangan strand/aspek pada mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan meliputi Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Adapun pengertian prakarya dan kewirausahaan dapat digolongkan ke dalam pengetahuan (transcienceknowledge), yaitu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, kecakapan hidup berbasis seni, teknologi, dan ekonomis.
       Ruang lingkup strand/aspek kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah seperti berikut.
a) Kerajinan
       Kerajinan dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan, estetika, ergonomis,berkaitan dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara yang berkaitan dengan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur pembuatannya. Prosedur pembuatannya dilalui dengan berbagai tahapandan beberapa langkah yang dilakukan oleh beberapa orang.
         Kinerja ini menumbuhkan wawasan, toleransi sosial serta social corporatenessmemulai pemahaman karya orang lain. Pembuat pola menggambarkan diPrakarya dan Kewirausahaan 5 atas dikerjakan oleh perancang gambar dilanjutkan dengan pewarnaan sesuai dengan warna lokal (kearifan lokal) merupakan proses berangkai dan membutuhkan kesabaran dan ketelitian serta penuh toleransi.
b) Rekayasa
         Rekayasa yang diartikan usaha memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari dengan berpikir rasional dan kritis sehingga menemukan kerangka kerja yang efektif dan efisien. Kata ‘rekayasa’ merupakan terjemahan bebas dari kata engineering yaitu perancangan dan rekonstruksi benda atau pun produk untuk memungkinkan penemuan produk baru yang lebih berperan dan kegunaan. Prinsip rekayasa adalahmendaurulang sistem, bahan serta ide yang disesuaikan dengan perkembangan zaman (teknologi) terbarukan. Oleh karenanya rekayasa harus seimbang dan selaras dengan kondisi dan potensi daerah setempat menuju karya yang mempunyai nilai tambah/keterjualan yang tinggi.
c) Budidaya
      Budidaya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja yang berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda ataupunmakhluk hidup agar lebih besar/tumbuh, dan berkembang biak/bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudidaya dan berpikir sistematis berdasarkan teknologi dan potensi kearifan lokal. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budidaya ini akanmemberikan hidup pada tumbuhan atau hewan, namun dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutinitas, seperti kebiasaan hidup orang:makan, minum dan bergerak.                                              Manfaat edukatif budidaya ini adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosistem) menjadikan anak dan tenaga kerja yang berpikir sistematis namun manusiawi dan kesabaran. /MTs
d) Pengolahan
       Pengolahan artinya membuat, menciptakan bahan dasar menjadi benda produk jadi, dan mengubah benda mentah menjadi produk jadi yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifikasi agar dapat dimanfaatkan, serta didasari dengan kinerja pikir teknologis. Pada prinsipnya kerja pengolahan adalah mengubah benda mentah menjadi produk matang dengan mencampur, memodifikasi bahan tersebut. Sebagai contoh: membuat makanan atau memasak makanan; kinerja ini selainmembutuhkan desain secara tepat, juga membutuhkan perasaan
terutama rasa lidah dan bau-bauan agar sedap. Kerja ini akan melatih rasa, dan kesabaran maupun berpikiran praktis serta tepat. Kognisi untuk menghafalkan rasa bumbu serta racikan akan membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

2 Responses to "Prakarya dan Kewirausahaan | ekonomiakuntansiid"

  1. mohon maaf pak, karena mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada jenjang SMK merupakan penelitian dalam skripsi saya, apakah saya diperkenankan untuk mengetahui sumber dari kebijakan Permendikbud pada mata pelajaran tersebut? (seperti yang Bapak jabarkan di atas). Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat, izinkan saya bisa saya jadikan referensi dalam membuat RPP Prakarya SMP Kurikulum RPP Prakarya SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel