Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

        Kerajinan bahan lunak adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara untuk melakukan sebuah tindakan yang bermuara kepada produktifitas, inovasi, dan konstruktif  kepada  ummat manusia terutama warga negara republik Indonesia, dan lebih khusus lagi kalangan generasi muda.Ketika kita berbicara mengenai generasi muda maka secara praktis termasuk siswa didalamnya.Agar siswa mendapat kerangka dasar pemahaman mengenai pentingnya kerajinan bahan lunak dan wirausaha. .engan demikian maka sumber daya alam indonesia dapat terolah sendiri oleh pemiliknya.
       Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Kekayaan alam ini menghasilkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan. Kegiatan membuat kerajinan berawal dari dorongan kebutuhan manusia untuk membuat alat atau barang yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, produk kerajinan berorientasi pada aspek fungsional. Kerajinan sebagai karya fungsional tidak cukup hanya memenuhi aspek fungsi saja melainkan memerlukan sentuhan keindahan (estetik) untuk meningkatkan kualitasnya. Nilai estetik pada karya kerajinan dapat dilihat dari aspek bentuk, warna, ragam hias, dan fungsinya. Dalam aspek ekonomi, produk kerajinan merupakan lahan subur sebagai mata pencaharian yang menjanjikan investasi besar dalam perkembangan pariwisata dan globalisasi perdagangan dewasa ini.
         Kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah dengan beragam bentuk dan keunikannya merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kita harus memuji ciptaan Tuhan Yang Maha agung ini. Sebagai makhluk ciptaan-Nya, kita wajib mensyukuri apa yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Manusia yang bersyukur adalah manusia yang selalu menerima pemberian Tuhan dengan rasa suka cita dan penghargaan mendalam yang diwujudkan dalam berbagai tindakan. Kemampuan bangsa Indonesia untuk berkreasi, mencipta dan berwirausaha harus disyukuri dan selalu
diapresiasi. Sebagai makhluk sosial, tentunya kita wajib menghargai
seluruh karya ciptaan manusia.
         Produk kerajinan pada awalnya bertujuan untuk membuat barang-barang fungsional, baik ditujukan untuk kepentingan keagamaan (religius) atau kebutuhan praktis dalam kehidupan manusia. Produk kerajinan tersebut berupa peninggalan pada zaman batu: artefaka-rtefak kapak dan perkakas, pada zaman logam: nekara, moko, candrasa, kapak, bejana, hingga perhiasan seperti gelang, kalung, dan cincin. Benda-benda tersebut dipakai sebagai perhiasan, prosesi upacara ritual adat berbagai suku serta kegiatan ritual yang bersifat kepercayaan seperti penghormatan terhadap arwah nenek moyang.
          Dalam perkembangan selanjutnya sejalan dengan perkembangan
eradaban , konsep seni kerajinan terus berkembang. Perubahan senantiasa menyertai setiap gerak laju perkembangan zaman, pembuatan karya kerajinan yang pada awalnya untuk kepentingan fungsional, kini dalam perkembangannya mengalami pergeseran orientasi ke arah nilai keindahan (estetis). Kini seni kerajinan tumbuh makin pesat di Indonesia. Banyak daerah yang kemudian menjadi sentra-sentra kerajinan. Hal ini sebagai akibat dari kondisi geografis Indonesia merupakan faktor pendukung menjamurnya seni kerajinan Nusantara.

Peta Materi Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

A. Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
1. Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak
2. Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
3. Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
4.Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
5.Motif Ragam Hias pada Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
6. Teknik Pembuatan Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
7.Perencanaan Proses Produksi Kerajinan dari Bahan Lunak
B. Produksi Kerajinan Tanah Liat
1. Bahan Pendukung
2.Alat Pendukung
3. Proses Produksi Kerajinan Tanah Liat
a. Keselamatan Kerja
b. Peralatan Pembentukan
c. Bahan Pembentukan
d.Penyiapan Gips
e. Penyiapan Model
f. Pembentukan Teknik Cetak Tekan
g. Pembuatan Cetakan Cetak Tekan
h. Pencetakan Cetak Tekan
i. Pembentukan Teknik Cetak Tuang
j. Proses Pembuatan Model
k.Pembuatan Cetak Gips
l. Cetak Tuang Produk Kerajinan
C. Produksi Kerajinan Busana dari Bahan Alami
1. Merancang Produk Kerajinan dari Bahan Alami
2. Bahan 1Pendukung
3. Alat Pendukung
4.Keselamatan Kerja
5. Pro ses Kerja
a. Membuat Rancangan
b. Penyiapan Bahan
c. Penyiapan Alat
d.Memotong Sesuai Pola Gambar
e.Menjahit
f. Memasang Kancing Baju
g.Membuat Hiasan pada Rompi

Membuat Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

D. Pengemasan Produk Kerajinan
1. Kemasan Kertas
2. Kemasan Kayu
3. Kemasan Plastik
E. Perawatan Produk Kerajinan
1. Perawatan Kerajinan Tanah Liat
2. Perawatan Kerajinan Serat Alam
F. Wirausaha di Bidang Kerajinan
1. Kebutuhan Pasar Produk Kerajinan
2. Menganalisis Peluang Usaha
3. Peluang Usaha Produk Kerajinan
4. Menciptakan Peluang Usaha Produk Kerajinan

0 Response to "Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel