Menetapkan Strategi Bisnis yang Baik | prakaryakewirausahaan

MENETAPKAN STRATEGI BISNIS YANG BAIK
Diberbagai belaandunia ada banyak orang pintar  yang ingin terlibat dalam membangun bisnis yang jujur ​​terutama untuk sebuah usaha merek kecil dan perusahaan muda. tapi kali ini saya tidak akan menyarankan Anda untuk berpikir dua kali tentang tips strategi bisnis saat ini yang selanjutnya mungkin akan membawa Anda ke dalam kesulitan. Beberapa tips ini mungkin telah disharing diartikel sana-sini, meskipun di salah satu titik tersebut terdapat sentuhan pribadi saya dalam penyusun mereka. Here we go :
9 TIPS STRATEGI BISNIS YANG BAIK
Pada dasarnya semua strategi adalah baik jika disesuaikan dengan momen dan kondisinya akan tetapi diantara yang baik itu menurut kata orang bijak akan muncul yang terbaik diantara yang terbaik.Oleh karena itu berikut ini akan ditampilkan 9 tips strategi bisnis yang baik.
1. JADILAH KREATIF
kreativitas adalah segalanya dalam pemasaran. carilah titik pada topik yang tak seorang pun memikirkan ide besar itu. peluang bisnis anda akan semakin diharapkan. Bahkan, untuk sebuah perusahaan kecil yang sedang mencoba untuk membingkai jalan di sektor bisnis dengan banyak pesaing besar, Anda benar-benar harus berpikir cepat dan cerdas.

2. JADILAH TIPE PEKERJA KERAS
itu bukan rahasia, pada hakekatnya bekerja keras selalu membayar. Jika Anda terus mencoba dan terus belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman di bidang bisnis Anda, itu akan membuatnya semakin  pasti!

3.JADILAH ASLI
Meniru adalah omong kosong. (menurut saya pribadi) Bahkan, ada banyak orang yang berfikir bahwa membuat suatu usaha dengan meniru/menduplikasikan suatu usaha orang lain. berarti dapat menjadi sukses seperti orang tersebut. dapatkan lah ide kreatif pada diri anda, karena dari kreatifitas itu sendiri akan membawa anda kejalan yang lebih jaya dan pasti anda akan menyukainya. Menjadi tulus berarti berpikir sendiri.
4. JADILAH OPORTUNISTIK
Hal ini tidak benar-benar hal yang buruk untuk menjadi oportunis. Bahkan, seseorang yang melihat peluang dalam segala hal dan hingga membuat keuntungan memiliki pikiran bahwa bisnis ini adalah bisnis yang saya pikir sangat penting bagi keberhasilan perusahaan muda.


5. FOKUS DAN BERFIKIR SECARA TAJAM
Saya tidak hanya melihat suatu bisnis yang sudah menjadi panen (enak) saja. jika ada kesempatan, saya akan mencoba melihat di dalamnya semua aspek saat mereka memulai membangun, Jangan hanya melihat situasi enaknya saja, dibalik kesuksesan pasti selalu ada yang menyengat di dalam dari titik tersebut.

6. BERFIKIRLAH SECARA TERBUKA
Pada saat kita sudah ada dalam pikiran kita ide bisnis tersebut. cobalah untuk menggali ke dalamnya.berfikir secara terbuka dan mulai tertarik pada siapa pun (bukan hanya orang-orang atas) di bidang Anda memberikan Anda perspektif yang berbeda untuk membuat ide tersebut menjadi hal-hal yang nyata, cerah (mengetahui aspek kerjanya)

7. JADILAH PENGAMBIL RESIKO
Bahkan sebagai perusahaan kecil, mengambil risiko dengan mencoba pendekatan baru yang berbeda. mungkin cara ini sedikit ekstrim, saya tidak menyarankan cara ini. namun untuk menang, terkadang kita harus berani mengambil resiko.


8. BERFIKIR KRITIS
Hal ini sangat jelas, akademisi mencintai berpikir kritis. Jika anda memikirkan dengan fokus pada apa pun yang menurut anda penting di bidang yang anda geluti saat ini. gabungkan pola pikir yang kritis dan rumit itu dengan kerja keras. Anda bisa berakhir produktif.
9.PANTANG MENYERAH
Bagaimanapun juga dalam dunia apapun juga pasti ada hambatan dan tantangan. Tapi dengan semangat pantang menyeah maka tantangan dan hambatan itu dapat dijadikan sebagai langkah kreatif inovatif menuju kedepan. Bahkan dijadikan momen sebagai habis tantangan dan hambatan akan muncul dukungan menuju sukses 
Demikianlah gambaran 9 Strategi Bisnis Yang Baik versi Cara Terindah. jika ada kesalahan dalam penulisan atau tidak setuju dengan beberapa tips diatas silahkan berkomentar sesuai pendapat anda. Sudah menjadi fitrah manusia untuk berbeda pendapat. namun dengan adanya interaksi (saling diskusi/bertukar pikiran) kita menjadi tahu mana yang menurut kita benar, dan mana yang menurut kita salah.Apatah lagi dalam dunia bisnis terkadang dan pasti penuh persaingan.
Dalam dunia bisnis dengan tingkat persaingan yang ketat dan lingkungan yang dinamis, strategi merupakan kunci dari pencapaian keunggulan bersaing dan keberhasilan sebuah bisnis.Pemilihan strategi merupakan fokus utama dari top manajemen. Tidak jarang perusahaan meminta bantuan konsultan top dengan biaya besar untuk merumuskan strategi. Untuk menjalankan strateginya perusahaan pun rela mengerahkan sumberdaya dan investasi yang tidak sedikit.
Proses implementasi strategi juga seringkali mengharuskan perusahaan mengubah bisnisnya, mengakuisisi kompetensi baru, mengubah proses bisnis dan struktur organisasi yang  semuanya memerlukan waktu yang tidak singkat.

Saat ini BUMN juga sedang melakukan transformasi bisnis dan organisasi besar-besaran. Dengan terjadinya perubahan yang drastis di industri ICT (information and communication technology), Indosat dan Telkom telah bertransformasi menjadi perusahaan yang jauh berbeda.
Terkait dengan perkembangan ICT, hampir semua bank besar telah menerapkan e-banking. Bogasari telah berhasil mengubah bisnisnya dari hanya sebagai produsen tepung terigu menjadi industri pangan yang terintegrasi.
Berbagai upaya dalam pengimplementasikan strategi bisnis seharusnya juga dapat memberikan hasil yang baik bagi kinerja perusahaan.  Sebagian perusahaan memang telah memetik buah manis dari penerapan strategi yang baru.  Namun banyak juga yang gagal karena strategi yang dipilih tidak tepat dan tidak efektif.
Kegagalan strategi membawa dampak negatif yang besar bagi perusahaan seperti  alokasi sumberdaya dan investasi yang sia-sia, kehilangan momentum untuk memanfaatkan peluang bisnis, kehilangan kepercayaan pelanggan, kehilangan kepercayaan diri, bahkan bisa menurunkan citra dan reputasi perusahaan.
Banyak perusahaan terpuruk karena menerapkan strategi yang tidak tepat.  Oleh karena itu betapa pentingnya mempertimbangkan pemilihan strategi secara matang dan seksama.
Memilih strategi
Berbagai metode tersedia untuk mengembangkan alternatif strategi seperti metode SWOT Matrix, BCG Matrix, GE Matrix, IE Matrix, SPACE Matrix, Porter Generic Strategy, Ansoff Growth Strategy dan sebagainya.
Namun masih terbatas metode yang tersedia untuk memilih dan mengevaluasi alternatif strategi. Salah satu metode yang sering digunakan  konsultan strategi bisnis adalah metode yang diperkenalkan oleh Rumelt.
Rumelt memperkenalkan 4 kriteria untuk mengevaluasi baik buruknya strategi, yaitu consonance, advantage,  feasibility, dan consistency. 
Consonance adalah kemampuan strategi dalam memanfaatkan peluang bisnis dan mengatasi ancaman yang muncul di masa yang akan datang. Sebagai contoh strategi pengembangan produk baru Astra dengan memproduksi beragam jenis kendaraan keluarga, merupakan strategi yang tepat untuk meraih peluang peningkatan jumlah kelas menengah di Indonesia yang membutuhkan kendaraan keluarga yang murah dan andal.
Advantage adalah kemampuan strategi dalam  memanfaatkan keunggulan dan meminimalisasi kelemahan perusahaan. Sebagai contoh strategi BRI yang tetap fokus melayani sektor UKM sangat sesuai dengan keunggulan dan pengalaman BRI dalam kredit mikro.
Feasibility adalah sejauhmana implementasi strategi didukung oleh sumberdaya (finansial, SDM, organisasi, sistem, budaya) dan kemampuan perusahaan untuk berubah. Sebagai contoh Indosat berhasil bertransformasi dari international carrier manjadi full network service provider karena didukung oleh sumberdaya dan manajemen perubahan yang baik.
Consistency adalah sejauhmana strategi bisnis dijabarkan ke dalam program implementasi dengan baik.  Program implementasi meliputi penurunan sasaran tingkat perusahaan ke dalam sasaran tingkat divisi, departemen fungsional, unit kerja, sampai individu.
Strategi perusahaan juga perlu dijabarkan ke dalam strategi fungsional, program fungsional, kegiatan unit kerja, dan kegiatan individu. Perusahaan juga perlu menyusun program kerja yang menunjang program stratejik, misalnya program restrukturisasi organisasi, program pengembangan kompetensi SDM, program pengembangan sistem, dan sebagainya.
Implementasi strategi
Sebaik apa pun strategi yang dipilih tidak ada artinya jika implementasinya buruk.  Bisa jadi strategi yang sebenarnya baik menjadi buruk jika implementasinya buruk. Strategi yang baik akhirnya dinilai dari kemampuan mencapai sasaran dan visi yang telah ditetapkan berdasarkan koridor misi dan kebijakan perusahaan.
Untuk implementasi strategi tidak cukup hanya dengan menyusun action plan dan menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan. Agar implementasi strategi dapat berjalan dengan baik, perusahaan harus melakukan perubahan aspek organisasi lainnya seperti struktur, sistem, komposisi dan kompetensi SDM, kompetensi organisasi, gaya kepemimpinan, bahkan budaya perusahaan.
Jadi strategi yang baik tidak dapat dipisahkan dari manajemen perubahan yang baik. Tegasnya.
Untuk memiliki strategi yang baik selain diperlukan konseptor strategi yang baik, juga pemimpin perubahan yang efektif.  Pemimpin perusahaan harus mampu berperan sebagai pemimpin perubahan. Di tingkat pelaksanaan, pemimpin perubahan perlu didukung oleh para talenta yang menjadi agen perubahan.
Dalam Pilkada DKI yang lalu para analis menyatakan bahwa Foke adalah seorang konseptor yang sangat baik dan Jokowi adalah seorang pemimpin perubahan yang efektif.
Saat ini Jakarta membutuhkan pemimpin yang dapat melakukan perubahan secara signifikan, sehingga warga Jakarta memilih Jokowi. Tinggal bagaimana sekarang Jokowi mampu membuktikan bahwa dia adalah seorang pemimpin perubahan yang telah lama ditunggu warga Jakarta. Sekarang sangat dinantikan oleh bangsa Indonesia.
Sangat disadari bahwa berbisnis atau memiliki bisnis sendiri merupakan hal yang sangat banyak didambakan oleh para sarjana fresh graduate yang beru memiliki ijazah dan masih mencari pekerjaan yang semakin lama semakin sulit untuk mendapatkannya. Namun sebelum anda terjun kedalam sebuah bisnis perlu anda ketahui beberapa hal mengenai Cara Memulai Usaha atau bisnis untuk seorang pemula, Silahkan Baca Artikelnya Disini.
Nah, untuk anda yang sudah bergelut dalam dunia bisnis, banyak hal yang selalu terfikirkan untuk mendapatkan penjualan yang lebih dan lebih lagi. Berikut ini kami bahas beberapa hal yang mungkin akan bisa membuat penghasilan atau penjualan produk anda menjadi lebih meningkat. Strategi Bisnis yang tepat akan membuat sebuah usaha yang berjalan lambat menjadi lebih pesat, nah berikut ini adalah beberapa Point mengenai Strategi Bisnis Terbaru untuk Meningkatkan penjualan produk anda dalam segi pemasaran :

Sebelum anda menjual sebuah produk, untuk dapat menjual secara professional, maka anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang anda jual, maka anda tau siapa target market anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang anda jual tersebut, sehingga hal ini akan membuat anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari Anda.
Sangat memungkinkan benar ungkapan yang berbunyi; Jangan Terpaku pada Strategi Lama yang menurut anda efektif
Kebanyakan pebisnis selalu terpaku pada suatu fase yang mana menurut mereka strategi pemasaran yang digunakan pada fase itu berhasil untuk meningkatkan penjualan,hello… sekarang jaman global bro, bahkan ada banyak orang pengusaha mengatakan 1 detik anda ketinggalan informasi bertahun-tahun anda merasakan kerugiannya. Jangan pernah berfikir bahwa perubahan akan membuat anda jungkir balik. Semua cara untuk menghasilkan uang pasti memiliki resiko tersendiri, dan rugi adalah resiko jika anda berbisnis. Dalam dunia bisnis ada dua hal yang pasti akan anda hadapi. Untung dan Rugi, semua adalah pilihan bagaimana cara kita mengambil langkah yang tepat agar kerugian tidak pernah mampir pada anda. Tapi keuntungan yang bertahan pada anda
Kenali Kompetitor Anda
Saat menjual sebuah produk, anda akan selalu bertemu dengan yang namanya pesaing, dan kebanyaka pengusaha menganggap- saingan adalah musuh. Nah, sekarang cobalah anda robah pola pikir anda! Jadikan Pesaing itu menjadi teman anda, disana anda akan mendapatkan pengalaman baru, ide baru,dan relasi yang bisa anda jadikan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas produk anda.
Jangan Sepelekan Karyawan Anda, Meskipun dia hanyalah Cleaning Service
Ini adalah hal yang banyak dilupakan pebisnis jika mereka memiliki karyawan, saat berbisnis karyawan adalah orang pertama yang akan tau tentang detail produk anda. Untuk itu, buatlah karyawan menjadi loyal pada bisnis atau perusahaan anda, hal ini akan membuat banyak dampak positif untuk penjualan produk anda. Misalnya, ketika mereka merasa senang bekerja dengan anda, ketika ada rekanan / kenalan mereka yang mencari produk anda, maka otomatis mereka akan mengenalkan produk yang anda jual. Itu akan menghasilkan konsumen baru, dan relasi baru untuk usaha anda.

1 Response to "Menetapkan Strategi Bisnis yang Baik | prakaryakewirausahaan"

  1. Casino Games Finder (2021) - Mapyro
    Get real-time real-time 천안 출장샵 casino real-time scores, How 계룡 출장샵 is casino games updated? Get the 밀양 출장안마 complete game 거제 출장안마 information for casinos 양산 출장안마 in the United States.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel